Minggu, 28 Februari 2016

Style "Softball dan Baseball"

Semangatt pagi dulurr...

   Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari style yang melekat pada dirinya masing-masing. Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak orang untuk terus menciptakan gaya dengan model yang berbeda-beda. Seperti halnya dalam dunia olahraga, setiap olahraga di seluruh dunia pasti mempunyai style tersendiri. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang style yang ada didalam olahraga softball dan baseball.

      
   Disamping perlengkapan bermain seperti :
  • Bola softball, Baseball.
  • Stik untuk memukul.
  • Glove (sarung tangan besar yang terbuat dari kulit).
  • Pitcher plate yaitu tempat injak pitcher (pelambung bola). 
  • Masker, leg protektor dan body protektor untuk perlindungan tubuh chatcher (penangkap bola). 
  • Base yaitu tempat hinggap pelari (runner).
  • Uniform dan Cap (kostum dan helm) untuk pemukul/runner.
  Ada juga berbagai macam style yang melekat pada diri seorang pemain softball maupun baseball, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki seperti topi, jersey, accesories, sepatu, dll. Tidak hanya pemain saja, namun pelatih, official, hingga para penonton juga memakainya.

   Inilah berbagai macam style yang ada pada softball dan baseball :
  • Topi
      Didalam setiap pertandingan softball dan baseball sering kita lihat para pemain memakai topi. Topi yang dikenakan mempunyai tujuan sendiri yaitu untuk memfokuskan pemain terhadap arah bola yang datang, baik dalam posisi defense atau offense. 


      Untuk bentuknya tidak jauh berbeda dengan topi yang biasanya dipakai seorang laki-laki atau bahkan perempuan pada umumnya. Akan tetapi untuk logo team, logo organisasi, dan nomor yang digunakan pasti jelas berbeda dari satu team dengan yang lainnya.
  • Sunglasses (kacamata hitam)
   Selain topi yang dikenakan, sering terlihat juga para pemain softball atau baseball memakai sunglasses. Ada beberapa perusahaan yang membuat produk kacamata khusus untuk para pemain softball dan baseball, yang tujuan utamanya yaitu untuk menangkal datangnya sinar matahari langsung ke mata (silau). 


  Tidak semua pemain diharuskan memakai sunglasses, namun semua bergantung pada kondisi mata. Keuntungan memakai sunglasses tidak hanya itu saja, disamping untuk menangkal sinar matahari pastinya juga dibuat untuk begaya agar terlihat keren.
  • Kalung
      Pada umumnya seseorang memakai assesories kalung untuk sebuah style saja. Namun didalam olahraga softbal dan baseball para pemain juga memakai kalung, akan tetapi kalung yang dipakai bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak goyah.


       Tidak hanya softball dan baseball saja, olahraga yang lainnya juga ada yang memakai kalung saat melakukan pertandingan. Selain didalam pertandingan, kalung keseimbangan badan juga bisa dipakai di dalam kegiatan sehari-hari.
  • Uniform (kostum/jersey)
      Setelah topi, sunglasses, dan kalung, para pemain pastinya juga memakai jersey di dalam setiap pertandingan. Untuk uniform yang dikenakan saat latihan, pers conference, dan pertandingan pasti berbeda. Perbedaannya yaitu dari model, corak, logo, serta kegunaan dan manfaat bahan yang digunakan untuk membuat uniform tersebut. 


       Uniform softball dan baseball identik berukuran besar, dikarenakan tubuh dari para pemain memang besar-besar. Dengan uniform corak bergaris warna, dan model work shirt inilah yang menjadi ciri khas dari olahraga softball dan baseball.
  •  Jaket
     Pada dasarnya jaket kegunaannya memang untuk melindungi seketika cuaca panas atau dingin. Selain melindungi dari cuaca, jaket juga digunakan untuk style. Banyak orang yang hobinya berolahraga, dan pastinya tidak harus olahraga softball atau baseball. Namun didalam dunia olahraga kebanyakan team atau orang-orang menggunakan jaket baseball. Pada kenyataannya memang jaket baseball ini sering dipakai juga didalam olahraga lainnya seperti basket, futsal, futbol, dll. 


     Dari bentuk, corak, font, warna yang  digunakan berbeda-beda, bahkan bahannya juga tebal dan bagus. Inilah yang menjadi alasan kenapa jaket baseball banyak diminati semua orang, baik digunakan untuk olahraga atau kegiatan sehari-hari.
  •  Ikat Pinggang
     Untuk ikat pinggang, para pemain softball ataupun baseball juga mempunyai ciri khas sendiri. Berbahan kulit sapi asli dan warna yang terang. Untuk pengait modelnya standar seperti ikat pinggang yang digunakan pada umumnya.
  •  Celana
       Pada zaman dahulu banyak team dari softball atau baseball yang menggunakan celana slim fit seketika pertandingan, tujuannya sendiri agar pemain bisa berlari bebas dan cepat. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, gaya celana slim fit didalam olahraga softball atau baseball ini semakin berkurang, karena tingkat kenyamanan pemain yang berbeda-beda.


    Celana slim fit sering digunakan oleh para pemain baseball sampai saat ini, walaupun tidak semua memakainya. Jauhnya jarak lari dari base ke base pada permainan baseball inilah yang menjadi alasan pemain untuk memakai celana slim fit. Namun untuk softball memang kebanyakan memakai celana dengan ukuran standar, dikarenakan jarak base ke basenya lebih dekat daripada baseball.
        
    Motivasi dan kepercayaan diri seseorang tidak lepas dari style yang dikenakannya, namun didalam olahraga bukan itu yang diutamakan, melainkan doa, usaha, dan semangat untuk menggapai tujuan kemenangan. Itulah informasi seputar style softball dan baseball yang bisa saya bagikan.

  Terimakasih telah membaca, dan ikuti terus informasi berikutnya dalam dunia softball dan baseball, keep spirit and God Bless Us :)

#LiveLifeLike
#SoftballLife 
#BaseballLife

7 komentar: