Sabtu, 27 Februari 2016

"Manfaat berolahraga Softball dan Baseball"

Semangatt pagi dulurr...

   Tujuan utama setiap orang untuk selalu berolahraga yaitu hidup sehat secara jasmani maupun rohani. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang manfaat berolahraga softball dan baseball.


  Softball dan baseball bukan cuma tentang kesenangan. Olahraga ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Softball dan baseball adalah olahraga yang menggunakan semua anggota tubuh. Bukan cuma kekuatan tangan memukul atau kecepatan kaki berlari, tetapi semuanya bergerak. Para pemainnya harus memiliki fleksibilitas atau kelenturan tubuh yang baik. Setiap orang tidak mungkin bisa melakukan sebuah pukulan dengan baik tanpa adanya fleksibilitas dan keseimbangan tubuh yang prima, begitu pula ketika melakukan lemparan.


     Intinya, semuanya harus memiliki kecepatan, kekuatan, dan ketahanan tubuh yang prima karena olahraga ini sangat menyita tenaga dan stamina. Pertandingan jumlahnya 9 inning atau sekitar 2 jam bahkan bisa mencapai 4 jam, maka dari itu sangat menguras tenaga dan membakar kalori. Terutama saat berlari mengitari base atau ketika mengejar bola. Tentu saja, ini juga baik untuk melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Selain itu olahraga softball dan baseball juga melatih mata kita untuk terus fokus terhadap bola datang, saat posisi defense atau offense. 



    Tidak hanya fisik, softball dan baseball disebut sebagai olahraga tim juga dan bermanfaat buat melatih mental. Sebagus apa pun teknik yang miliki, jika tidak bisa menjalin kerjasama dengan teman satu tim, akan percuma dan permainan akan buruk. Kerjasama tim sangatlah dibutukan, disamping meredam ego, tanggungjawab terhadap diri sendiri dan tim itulah yang menjadi salah satu kunci kemenangan.


      Secara mental memang banyak faktor yang harus dihadapi, misalnya saja tatapan mata lawan serta supporter pendukung lawan yang mengintimidasi di lapangan. Jika mental jatuh, konsentrasi pasti akan buyar. Jika sudah terlatih dan sanggup mengatasi itu semua, manfaatnya bisa dirasakan dalam kehidupan keseharian. contohnya lebih menghargai persahabatan karena terbiasa bekerjasama dan memahami teman satu tim. Memiliki mental dan daya juang yang kuat karena terbiasa menghadapi persaingan yang kuat di lapangan. Konsentrasi pun akan prima dan kemampuan berpikir taktis terus terasah, mengingat karakteristik permainan yang memerlukan strategi tepat untuk meraih kemenangan.

      
    Sekilas informasi dari saya, semoga bermanfaat, dan teruslah berjuang untuk hidup sehat. Terimakasih sudah membaca, ikuti terus informasi-informasi menarik seputar dunia softball dan baseball, God Bless Us :)

#LiveLifeLike
#SoftballLife
#BaseballLife

2 komentar: