Senin, 22 Februari 2016

"Lapangan Softball Dharmawangsa" Surabaya

Semangat pagi dulurr...

      Kali ini informasinya tentang lapangan softball yang letaknya di jalan dharwamangsa, tepat di depan RSUD. DR. Soetomo Surabaya. Lapangan softball dharmawangsa sangat mempunyai banyak cerita, mulai dari suka ataupun duka. Banyak orang menyebutnya sebagai lapangan dimana tempat berkumpulnya pemain softball Jatim. 
  

   Dulunya lapangan softball dharmawangsa sungguh layak digunakan, mulai dari rumput, bens pemain, tribun penonton, dll. Namun dengan berjalannya waktu dan sering dipakai latihan, lapangan tersebut lama kelamaan menjadi gersang, tak terawat.

      Kurangnya perhatian serta keamanan dari pemerintah untuk menjaga dan merawatnya, membuat lapangan softball dharmawangsa dijadikan lahan untuk memelihara hewan peliharaan. Bahkan kata penduduk setempat pada waktu malam hari katanya sering dibuat pacaran dan tempat untuk minum-minuman keras oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
     
     Ketika musim hujan datang lapangan tersebut sangat tidak layak untuk digunakan latihan, bahkan menjadi kolam bermain hewan seperti ayam, bebek, katak, dan ular. Bukan hanya itu, keadaan tersebut membuat aktifitas untuk berlatih pun sangat berkurang dan juga tidak efektif.


      Pada tahun 2012 Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menggalakan proyek renovasi pembangunan lapangan softball standar Internasional. Akan tetapi berjalannya waktu proyek tersebut tiba-tiba berhenti lantaran kontraktor penggarap proyek diblacklist, karena tidak bisa menyelesaikannya. Tiga tahun terhenti membuat keadaan semakin rumit, dikarenakan para atlet tidak bisa latihan dengan baik. Persiapan latihan untuk turnamen-turnamen besar Nasional maupun Internasional juga kurang greget. 

   Melihat situasi tersebut para atlet kebanyakan memilih untuk latihan di lapangan unesa, karang pilang, serta lapangan marinir. Banyak keluhan yang ditujukan kepada Pemerintah Kota Surabaya, dikarenakan lapangan softball dharmawangsa memang letaknya strategis di pusat kota Surabaya. Disamping itu, semakin  banyak pula bibit-bibit atlet softball atau baseball yang tumbuh dan ingin berlatih dilapangan tersebut.


    Kabar menyenangkan datang pada November 2015, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menargetkan renovasi lapangan softball Dharmawangsa akan diselesaikan dan sudah bisa digunakan. Lapangan softball dharmawangsa yang dulu dengan sekarang sangat berbeda jauh. Dari letak arah tribunnya yang dulu membelakangi, sekarang jadi menghadap ke arah jalan raya depan RSUD. DR. Soetomo. Sangat keren dan benar-benar standar Internasional dulur. Bukan hanya itu, kualitas lapangannya dari grafel, rumput, bens pemain, ditambah dengan ruang ganti pemain, tribun penonton, serta parkirannya sangat bagus, walaupun belum 100% jadi.


      Sekarang aktifitas latihan sudah mulai kembali normal, dan denger-denger kalo mau latihan harus bayar, karena untuk perawatan kondisi lapangan. Semoga saja tetap gratis dan semakin banyak bibit-bibit olahragawan khususnya softball atau baseball yang berlatih disana.

      Itulah sedikit cerita tentang hiruk pikuk keadaan lapangan softball dharmawangsa, dari bagus hingga jelek, dan sekarang menjadi sangat bagus lagi. Semoga kedepannya Pemerintah, masyarakat, dan para pecinta olahraga softball dan baseball bisa menjaga, melestarikan, dan terus berprestasi Aminnn. Terimakasih telah membaca, God Bless Us :)

#LiveLifeLike
#SoftballLife
#BaseballLife


9 komentar:

  1. Wah bagus banget blognya gan... Kalo bisa digratiskan aja biar banyak peminatnya dan banyak bibit" baru, sekalian regenerasi gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn, sepakat mas sama pendapatnya, terimakasih, Gbu :)

      Hapus
    2. Alhamdulillah kami yang mengerjakan turut senang dan bagahia membacanya.

      Hapus
  2. Pengen Coba main Baseball, menurut pendapatku selain bulu tangkis, baseball mungkin salah satu cabang olahraga yang cocok postur warga Indonesia. Walau lapangannya besar tapi saat bertahan nggak terlalu banyak lari, saat menyerang pun hanya perlu lari jarak pendek, > 25m dari base ke base. Hampir Mirip sama bulu tangkis walau harus lari selama bermain tapi bentuk lapangan yang kecil cocok banget sama Kelincahan Indonesia. beda sama sepak bola, voli, basket, lari terus dan postur tubuh sangat berpengaruh. Semoga Baseball dan Softball Indonesia Bisa jadi kebanggaan warga Indonesia Suatu saat nanti seperti Bulu tangkis. Untuk Sepek Bola Bisa mengalahkan Thailand, Korea, dan Jepang itu sudah sangat bagus, juara di Asia.

    BalasHapus