Rabu, 17 Februari 2016

Sejarah dan perbedaan "Softball dengan Baseball"

Semangat pagi dulur ...

      Kali ini saya akan berbagi informasi tentang sejarah dan perbedaan softball dengan baseball. Semakin berkembangnya zaman membuat seseorang dituntut untuk terus aktif didalam hari-harinya. Dengan menyukai olahraga, sendiri ataupun beregu, yang terpenting setiap orang harus bergerak aktif, karena untuk menjaga stabilitas dan metabolisme, serta kesehatan tubuh.

       Pada umumnya Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim. Permainan softball lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola Softball saat ini berdiameter 28-30, 5 sentimeter, bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari (runner) hingga menyentuh base akhir yaitu home plate. Setiap pemukul (batter) yang berhasil melewati base akhir yaitu home plate, maka tim tersebut mendapatkan 1 point.

       Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola baseball, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar (defense) berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul (offense) agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar. Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh base akhir untuk mendapatkan 1 point. Bagian ini masih mirip dengan softball dulur...
     
     Baseball juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol. Baseball adalah olahraga yang dilakukan secara tim dan populer di Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Timur. Di banyak negara, baseball merupakan olahraga utama. Di Amerika Serikat, baseball adalah pengisi waktu luang nasional (national pastime) karena sebagian orang Amerika Serikat menghabiskan banyak sekali waktu untuk bermain dan menonton pertandingan bisbol. Jumlah penonton yang datang ke stadion untuk menyaksikan Liga Baseball Amerika melebihi jumlah penonton olahraga jenis lainnya, tapi dikalahkan Sepak bola Amerika (futbol) dalam jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan melalui televisi.



Perbedaannya adalah : 

  • Baseball hanya dimainkan oleh Pria, maka    kadang Baseball juga disebut Hardball, sedangkan Softball bisa dimainkan oleh pria dan wanita.
  • Bola Softball besar (lebih besar beberapa inch dari bola Baseball), Baseball lebih kecil (seukuran bola tenis lapangan).
  • Cara melempar pun beda, Softball dilempar dari bawah ke atas, sedangkan Baseball dari atas lurus ke arah Pemukul (Batter).
  • Ukuran lapangan pun beda, bentuknya sih sama, tapi Baseball lebih besar dibanding Softball.
  • Area pelempar bola (Pitcher) di Baseball ada gundukan tanahnya atau disebut Mound (liat gambar lap.baseball di atas yang mempunyai lingkaran di tengah area infield) sedangkan Softball rata-rata aja.Tapi keduanya mempunyai Plate (semacam base yang berbentuk pesegi panjang) sebagai tempat pitcher. Di plate ini pun terjadi perbedaan, di baseball ketika akan melempar pitcher dapat menyentuh plate hanya dengan meletakkan satu kakinya, sedangkan di softball diharuskan untuk meletakkan kedua kakinya di plate tersebut.
  • Dari segi permainan, terdapat peraturan yang disebut stealing atau mencuri base (bukan mencabut base dari tempatnya terus dibawa pulang ya gan.). Jika batter atau pemukul telah berhasil mencapai base 1,2 atau 3, maka pada giliran batter selanjutnya runner yang berada di base dapat meninggalkan base sejauh 3 langkah dan berlari ke base selanjutnya dengan kondisi bola telah lepas dari lemparan pitcher. Hal ini terjadi di baseball,sedangkan di softball runner tidak dizinkan meninggalkan base se inci pun. Jadi, di softball stealing benar-benar mengandalkan kecepatan lari dari runner. Peraturan ini diberlakukan karena jarak antar base di softball lebih pendek dibanding baseball.

   Itulah ulasan singkat tentang bagaimana sejarah dan perbedaan softball dengan baseball, ikuti terus perkembangan informasi tentang dunia softball dan baseball, terimakasih, God Bless Us :)

#LiveLifeLike
#SoftballLife
#BaseballLife

11 komentar:

  1. Wah, dengan adanya blog ini saya menjadi mengerti.. Terima kasih gan.

    BalasHapus
  2. Wah, dengan adanya blog ini saya menjadi mengerti.. Terima kasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas Muhammad, terimakasih kembali, Gbu :)

      Hapus
  3. mengingatkan kembali ke masa masa SMA, dimana sy sempat mencetak 2x homerun kala itu. artikel bagus gan, keep it up !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas affifudin, wahh terimakasih banyak mas, bolehlah kapan" latihan bareng, terus semangat ya mas, Gbu :)

      Hapus
  4. Bagus sekali gan blognya. Terima kasih gan buat infonya, karena selama ini saya kurang begitu paham perbedaan olahraga ini... Ditunggu buat info"nya gan...

    BalasHapus
  5. makasih buat infonya .. sangat bermamfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama" mbak sobah, terimakasih juga sudah membaca, Gbu :)

      Hapus