Selasa, 31 Mei 2016

"Red Fox: Klub Tertua dalam Sejarah Baseball Indonesia"

      Januari lalu, Red Fox Cup XIII berhasil digelar di kota Bandung. Tapi keriaannya masih kerasa sampai sekarang. PakPok yang datang ke sana, punya cerita seru nih tentang Red Fox, klub baseball tertua di Bandung sekaligus di Indonesia. Red Fox juga punya andil besar dalam sejarah baseball di negara kita.


- Awal Berdiri
     Jadi, cerita dibentuknya Red Fox berawal setelah digelarnya PON Makassar 1957. Waktu itu sebenernya udah ada sejumlah klub kayak kayak Viper, Rebocco dan Tay Shieh di Bandung. Tapi pemain dari tim Jawa Barat kayak Sunarjo Danumihardja, Safei Prawiradilaga, Harito, dan Alm. Thamrin ngerasa mereka harus ngebentuk tim baseball baru untuk ngeramein kompetisi baseball Indonesia. Akhirnya pada 17 Oktober 1957 diputusin untuk ngebentuk klub bernama Red Fox yang terinspirasi dari klub Major League Baseball, Boston Red Sox.

- Masa Kejayaan
     Red Fox ngalamin banyak perkembangan pesat dari mulai dibentuk. Makanya, biar mereka lebih kompetitif, sejumlah pemain pun ngediirin klub lain di bawah payung Red Fox macam Green Fox, Rusa Hitam dan Valiant.

     Efeknya ternyata nggak bisa dipandang sebelah mata. Ide tersebut berhasil ngejadiin Red Fox sebagai klub baseball yang nggak terkalahkan dalam kejuaraan baseball antar klub di Bandung. Untuk level kejuaraan nasional, tim Jawa Barat juga langganan jadi juara pertama. Puncaknya, Red Fox ditunjuk jadi tim nasional baseball Indonesia kategori putra untuk ngelawan tim Cuba yang datang ke Indonesia tahun 1965.

Masa Kelam
     Perjalanan Red Fox nggak melulu sukses. Mereka juga pernah ngerasain kok masa-masa suram saat politik Indonesia berada dalam masa NASAKOM atau Nasionalis, Agama dan Komunis. Parahnya nih, baseball kena dampak buruk karena diangap sebagai olahraga neo-kolonialisme dan antek-antek Amerika.

     Mau nggak mau, cara aman untuk ngejaga keutuhan klub adalah dengan ngeganti nama dari Red Fox jadi Santjang dan Green Fox jadi Gorgeous.

     Setelah masa-masa kelam berakhir, Santjang pun kembali lagi pake nama Red Fox. Biar baseball Indonesia kembali ke puncak, mereka pun bikin kompetisi baseball pada tahun 1970 yang dikenal Red Fox Cup.

Sumber : pakpok.com

#Respect
#SoftballLife
#BaseballLife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar